Ngenet Waktu Jaman Cupu Dulu

Huhuhuhu….kalau diinget-inget ternyata kocak juga ya, sewaktu pertama kali kenalan sama si Net alias Internet. Kalau gak salah *berarti bener ya ^^, waktu itu aku kelas 2 SMA. Hemm…mungkin bagi temen-temen yang lain pas kelas 2 SMA udah pada ngerti Internet, apalagi yang di kota besar, pasti udah gak aneh. Tapi…aku ini berbeda, karena tinggal di kota yang terbilang kecil, dan  biaya nge-Net sangat mahal, mungkin bisa sampai RP. 7000/jam, udah gitu, lemot abis…  Ya maka dari itu gak pernah ke Warnet.

Perasaan pertama bisa konek sama internet itu langsung bingung dan gak ngerti, abis ini mau ngapain? terus, diapain lagi??? udah gitu, bisa ngapain lagi? hahaha….cupu abis. Nah…perasaan selanjutnya setelah bisa konek ya malu, penasaran, wow, cekakak-kan alias ketawa-ketawa sendiri, semangat, ya masih banyak lagi deh, intinya itu ko bisa ya??? Hampir semua hal bisa dilakukan sama Internet. Dari hal yang jelek-jelek, ampe yang bagus-bagus, mantab lah pkoknya. Supaya lebih jelas ko’ bisa aku ngomong kayak gitu, ya ayuh disimak yang mau nongol berikut ini ^^

CHATTING

Kegiatan ini yang paling pertama aku kerjakan sewaktu ngenet. Awalnya gara2 sering denger temen cerita chatting, terus kenalan sama tewe *dibaca cewe, ya banyak lagi deh. Akhirnya penasaran dan ngintil deh aku ke warnet. Karena belum tau apa2, ya cuma bisa ngeliat temen chatting. Sewaktu chatting dimulai, aku udah kayak orang kesetanan dan kebingugan, nanya itu, nanya ini, pertanyaan gak jelas juga ditanyain. Inget banget pertanyaan pertama yang aku tanyain adalah, “asl pls” itu apaan? ko setiap mulai chatting sama orang selain “hei“, “hallo“, atau “hello” pasti ada “asl pls” ?? Sambil ngakak dan ketawa kegelian temen aku jawab, “itu artinya asal please”. hahahahaha….. kyaknya kata “asl pls” cocok menjadi trademarknya Chatting ^^.

Setelah itu, minta ajarin cara chatting, waktu itu pake MiRC, aku minta ajarin dari cara buka chat roomnya, ampe buka room orang yang mau kita ajak chatting, hehe….Emang dasar pelupa atau gak bisa, besoknya pas nyoba sendiri tetep gak bisa, lupa cara bukanya hahahaha….Tapi, setelah beberapa x, baru deh bisa lancar chattingan. Besok-besoknya mulai deh berpetualang di dunia chat hehe..tapi sayang, lupa waktu pertama chatting sama siapa, yang jelas waktu itu, aku malu2 chatting sama orang, malu ngajak ngobrol apa, padahal gak ketemu langsung..Ya begitu lah kesan2 waktu pertama bisa chatting ^^.

EMAIL

Nah…klo kegiatan yang pertama adalah Chatting,yang berikutnya adalah Email, bikin emal maksudnya. Klo tadi kayak orang kesetanan dan kebingungan sekarang kayak orang linglung, penasaran dan penuh rasa heran. Semua itu gara-gara setiap bikin Email pasti gagal terus. Aku juga gak tau tuh kok bisa kayak gitu, perasaan udah bener semua deh.  Pernah berhasil, tapi begitu Log-in eh Failed, tulisannya sih account belum dibikin gitu deh, aneh….. Karena heran, sempet di warnet bengong gak jelas mikirin kok gak bisa-bisa bikin email hehe…. Akhirnya dengan terpaksa dan malu-malu minta tolong orang deh * waktu itu lupa, minta tolong dibikinin sama temen apa sama kakak, udah lama banget sih hehe.. Terus, bukan cuma account aja yang gak bikin sendiri, nama accountnya aja jiplak punya orang, yaitu kakak ku sendiri hehe. Maklum, namanya adik pasti meniru kakaknya. Dulu nama account kakak itu a2xrch_land, nah, punya ku tinggal diganti deh, jadi azies_land hahaha……gak kreatif banget !!

SURFING

Surfing, kegiatan yang sering aku lakukan di warnet selain nge-chat. Ada kisah yang ku inget ampe sekarang, yaitu tentang Iklan. Begini maksudnya, jadi sewaktu surfing dulu, tepatnya surfing lyric Lagu, tiba-tiba ada iklan yang muncul, kira-kira iklannya seperti ini “SELAMAT, ANDA ADALAH PENGUNJUNG KE 1000, SILAHKAN KLIK UNTUK DETAIL LEBIH JAUH, DAPATKAN HADIAH YANG MENARIK“. Nah lho….bingung dah aku. Ini iklan mau diapaain??? Karena waktu itu bener-bener lagi cupu n Peko’ (bahasa jawanya bego), aku ikutin dah tuh iklan. Kira-kira udah beberapa menit aku ikutin,eh….gak ngerti hehehe…Terpaksa deh minta bantuan orang laen lagi, kali ini yang jadi korban adalah si OP alias Operator hahaha… Si OP aku panggil dan kutunjukin iklan tersebut, sekalian klo bisa ya di bantuin biar menang, dapet hadiah deh ^^. Eh, tapi bukan itu yang aku dapet, si OP malah bilang, “Ah, biarin aja mas, itu mah boongan !!“, terus pergi deh. Waks…aku langsung kaget bin gak percaya, masa sih boong??!! orang beneran gitu ko’! Ah, payah nih si OP, bilang aja klo gak tau, jangan bilang boong gitu dong !!

Akhirnya, karena bener-bener percayanya sama si iklan dan buat jaga-jaga, NO TELP si iklan itu aku catet di Email, untungnya masih ada di notepad email aku hahahaha….segitunya banget ya !! No telpon sama tanggalnya bisa temen-temen lihat pada gambar di bawah ini. * kotak merah

No_telp_iklanKlo temen-temen mau coba telp ya monggo…..hahahah

GAME ONLINE

Akhirnya kita sampai juga pada puncaknya, GAME ONLINE. Bisa dibilang pengalaman yang paling tidak terlupakan sewaktu ngenet dulu adalah bermain game online. Gara-gara game online ini aku menjadi orang “gila”, gak karuan, dan udah menjadi seperti hewan, yaitu hewan KALONG. Tau kalong kan? hewan yang hidup pada malam hari.

Kejadian ini terjadi sewaktu tahun awal aku masuk Kuliah. Pertamanya di ajak maen sama kakak, maen Ragnarok Online. Dulu pernah gak mau, bis gak ngerti cara maennya, tapi karena emang dasar aku ini maniak sama game, ya dengan berat hati harus ikutan, masa maniak game gak pernah maen game online?? malu dung !!

Tidak salah lagi, begitu pertama kali maen, aku langsung suka dan tertarik. Awal-awal hanya maen 3-4 jam, tapi lama kelamaan, mulai maen 5-6 jam. Nah, parahnya lagi, begitu ketemu GameNet yang murah dan enak, aku bisa bermain game online kurang lebih 12 jam/hari. Beuh….mantab !! Biasanya sih cuma maen 8 jam, soalnya murah, ada paket 8 jam = RP. 8000, tapi mulai dari jam 22.00 – 06.00 WIB. Oleh karena itu, seperti yang awal tadi aku bilang, seperti kalong, keluar rumah jam 10 malam, lalu sampe rumah sekitar jam 6.30 pagi. Setelah sampe rumah, bablas tidur ampe siang, balas dendan karena semalaman gak tidur. Pernah juga karena keenakan, aku tidur dari jam 7 pagi ampe jam 6 sore. Begitu bangun tiba-tiba udah Maghrib, terus langsung mandi, makan, lalu paket lagi, hahaha…. Tapi, kegiatan tadi aku lakukan klo besoknya gak ada kuliah atau kuliah siang. Nah, karena aku seminggu kuliah siangnya ada 3 hari,dan libur 2 hari, jadi klo dihitung-hitung ya aku maen seminggu 5 hari.

Perasaan yang paling dirasakan waktu nge-game dulu itu ada 4, yaitu

  1. Seperti Vampir, takut terkena sinar matahari. Hal ini dikarenakan seringnya aku di dalam gameNet, dan begitu membuka pintu hendak pulang, sinar matahari langsung menusuk mata. Rasanya itu silauuuuuu……….sekali! gak kuat membuka mata lebar-lebar ^^
  2. Merasakan pusing luar biasa sampai mual. HSemua ini gara-gara aku nekat maen dari jam 10 malem-jam 6 pagi, kemudian dilanjutkan dengan kuliah dari jam 07.00 – 09.30 WIB. Selama kuliah aku merasakan pusing yang luar biasa plus rasa ngantuk yang tidak tertahankan. Alhasil, mual lah yang terjadi. 30 menit awal kuliah sih aku masih kuat, tapi begitu jam selanjutnya gak kuat……!!! udah, ngantuk, pusing, mual, dan pengen mu***h. Syukur ada temen yang bawa permen, jadi bisa ngurangin rasa tadi. Dan syukurnya juga, 30 menit akhir kuliah si dosen keluar, otomattis waktu itu aku gunakan semaksimal mungkin, untuk tidur di kelas hahaha… Sekedar informasi aja, waktu itu kuliah KALKULUS II.
  3. Tidur Seperti Gembel. Sewaktu paket, bila udah sampai pada jam 04.00 pagi, terkadang aku gak bisa menahan rasa ngantuk. Karena gak mau ambil pusing, akhirnya tidur deh di GameNet, tinggal selonjoran di kursi, monitor matiin, terus biarin aj tuh Game maen sendiri ^^. Tidak jauh beda seperti gembel yang bisa tidur dimana aja, hanya saja bedanya aku tidur diruangan yang ada AC-nya hehe.
  4. Seperti Orang Gila. Ini dia nih yang sering aku rasakan dan dilihat banyak orang, ketawa sendirian gak jelas, ketawa terbahak-bahak, ampe sakit perut. Kalo orang liat sih pasti gak ngerti, tapi itu semua karena lagi NgeGame, biasanya ada hal-hal kocak pada saat chatting sama temen atau lagi NgeHunt Monster bareng.

Ngeblog

Hemm…karena dikosan udah ada koneksi internet, dan sering ngeliat temen nge-blog. Akhirnya ikutan juga deh bikin blog. Kendala yang paling pertama aku temuin adalah bagaimana cara mengubah Judul BLOG???? Waktu itu pengen ngubah judul blog, tapi gak bisa, karena option untuk ngubah judul gak ketemu-ketemu. Padahal udah tak cari sedemikian rupa. Karena bingung, ya dengan malu-malu terpaksa bertanya ke orang yang udah pengalaman. Tapi , pertanyaan ku gak dibales. Sayang, aku cari di “Komentar Saya” pada Dasbor Admin udah gak ada, mungkin karena udah lama. Mungkin juga sebenarnya ada, tapi aku gak tau cara ngeliat semuanya hehe..

Okeh deh, mungkin cuma ini aja pengalamanku waktu pertama kali ngenet * yang inget ^^, wajar aku orangnya pelupa sih.

4 Comments

  1. jogjapaneses said,

    July 25, 2009 at 12:28 pm

    Pertamaxx…Gan!!!
    Banyak amir nde, kyak ngerjain tugas kuliah ja….hehehe

    • condee78 said,

      July 25, 2009 at 12:30 pm

      woh…iya ndra, kan ini di kejar deadline juga, ampe tanggal 26 hahaha…..kan ngeblog juga gak mau kalah sama tugas kuliah ndra ^^

  2. mcmovicca said,

    August 28, 2009 at 9:36 am

    wah, Ncon lagi uneg-uneg di blog,hahahaha…

    • condee78 said,

      September 5, 2009 at 4:13 am

      huhuhu……….biasa mek, memenuhkan postingan blog /gg


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: