Hati-hati dengan kelebihan kalsium

Wah…kmrn barusan dapt cerita dari My Honey ^^, kata dia salah satu temennya ada yang meninggal karena kelebihan kalsium. Weh..ko kalsium bisa bikin orang meninggal ya??? karena penasaran, akhirnya dapet beberapa referensi (Nutracare, f-buzz.com) tentang Si Kalsium ini. Mudah2an dapet berguna.
Kalsium adalah mineral yang paling banyak di dalam tubuh. Selain itu, kalsium juga merupakan unsur pembentuk tulang dan gigi. 99% kalsium ada di dalam tulang dan gigi, sedangkan 1%nya ada di dalam tubuh (darah & jar. lunak). Nah, untuk memenuhi yang 1% ini, maka tubuh harus mengambil dari makanan atau dari tulang kalau makanan yang kita makan kandngan kalsiumnya kurang. Biasanya manusia butuh 1.000–1.200 mg per hari.

Beikut ini merupakan sumber makanan yang menandung kalsium :

  1. Sayur-sayuran hijau (brokoli, bayam, sawi)
  2. Ikan teri kering
  3. Udang kering (wah, gw alergi sama yang satu ini hehehe)
  4. Tahu
  5. Kacang-kacangan
  6. Salmon & sardine
  7. Susu dan hasil olahannya (duh, gw jarang minum susu lagi…>< )

Kalau kita udah memenuhi yang dibutuhkan perharinya ya bagus, tapi klo kelebihan?? nampaknya harus hati-hati dan diperhatiin bener nih. Soalnya klo kelebihan dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal atau gangguan ginjal, konstipasi (susah buang air besar), bahkan bisa menyebabkan Kanker Prospat yang dikarenakan meningkatnya konsumsi asupan makanan produk olahan hewan, seperti susu, keju telur, ataupun mentega yang mengandung kalsium tinggi.

4 Comments

  1. Diens said,

    July 6, 2009 at 4:28 am

    bagaimana dengan kebutuhan kalsium bagi penderita GGK.

  2. condee78 said,

    July 11, 2009 at 6:21 pm

    Hmm, klo yang saya ketahui tentang Gangguan Ginjal Kronis, bagi penderita GGK itu harus lebih memperhatikan kebutuhan hidupnya, seperti kebutuhan nutrisi, energi, kalium, natrium, protein dsb. Kebutuhan tersebut bisa di dapat dari berbagai macam sumber makanan, tapi kita gak boleh sembarangan, karena kadarnya harus tepat, selain itu, prosesnya pun harus benar2 diperhatikan. Kalau tidak, bisa membuat penderita GGK menajdi lebih parah. Oleh karena itu, untuk masalah berapakah kebutuhan kalsium yang tepat bagi penderita GGK saya tidak bisa menjawab secara pasti, karena setiap penderita berbeda2, ada yg stadium awal atau udah lanjut, sehingga harus terlebih dahulu mendapat kepastian dari dokter yang merawat si penderita.
    Jadi, saya usulkan sebaiknya mepertanyakan lebih lanjut ke dokter yg merawat, terima kasih….maaf kalau ada yg kurang ^^

  3. lita said,

    January 19, 2010 at 12:35 am

    kalo demen minum susu gimana?
    kadang sehari 3-4 gelas

  4. condee78 said,

    February 6, 2010 at 8:15 am

    ya gpp sih, asal itungannya jangan ngelebihin dari yang diatas ^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: