Memasang Favicon pada Website

Favicon..pasti udah tau dong ya? atau ada yang belum tau? atau ada yang lupa juga? ya sekedar mengingatkan, Favicon adalah kependekan dari Favorites Icon, sebuah Ikon kecil yang ada di samping URL website yang sedang kita kunjungi.

favicon

Klo di posting sebelumnya cara memasang favicon di blog, kali ini kita akan ngebahas gimana caranya memasang favicon di website. Caranya simple aja ko, mari kita simak yang berikut ini :

  1. pertama kali kita siapkan images yang mau dijadiin Ikon, bisa JPG, PNG dsb. Tapi klo bisa ukurannya 32×32 ya.
  2. Abis itu, biar imagesnya lebih bagus dan menarik, kita generate dulu. Coba kamu buka alamat ini, http://www.html-kit.com/favicon/
  3. Klo udah kebuka, saatnya kita men-generate. Klik Browse “images to Use”, dan pilih images yang udah kita siapin. Selain itu, di website tersebut juga tersedia untuk membuat favicon pada account twitter.com

  4. browse

  5. Terus klik generate, dan tunggu sebentar.
  6. Setelah selesai proses generate, klik download Favicon Package
  7. download

  8. Extract file tersebut, dan nantinya kamu bisa lihat 2 buah images.
  9. Langkah selanjutnya adalah buka File Index Website yang akan/lagi/udah kamu bikin. Dan jangan lupa untuk mengkopi kedua images tadi di dalam 1 folder dengan file Index.
  10. Dibagian sintak “<head>……..</head”, taruh sintax berikut ini:
  11. “<link rel=”shortcut icon” href=”favicon2.ico”>”
    “<link rel=”icon” type=”image/gif” href=”animated_favicon2.gif”>”

  12. Klo udah, save dan coba lihat di browser. Klo gak ada yang salah, Insya ALLAH langsung keliatan deh..hehehe

Okeh, sampai sini dulu untuk si Favicon, klo ada yang salah atau kurang dan temen2 mengetahuinya, mohon di kasih tau ya..thankyu

2 Comments

  1. titikpelangi said,

    April 28, 2009 at 11:08 pm

    oke..kalo gitu ak tak nambah itu ah…makasih jadi inget ada yg kurang e makasih diingetin mas….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: